Tentang Proyek

UNTUKMU GENERASIKU
Rekam Gambar Punk di Indonesia

Proyek buku Untukmu Generasiku digagas sebagai sebuah retrospeksi, pengarsipan dan pendokumentasian atas subkultur punk yang berkembang di Indonesia. Buku ini dibagi menjadi 2 bagian: Dokumentasi Foto dan Dokumentasi Gambar. Pada bagian pertama akan ditampilkan rekam fotografi dari berbagai macam segi meliputi foto diri maupun berkelompok, foto gigs (suasana venue, stage, penonton), aktivitas, tato, peristiwa, foto berita yang termuat di media massa dan lain sebagainya. Koleksi gambar pada bagian kedua memuat gambar-gambar non-fotografi seperti poster, flyer, logo, sampul album rekaman, tiket, ilustrasi, desain merchandise dan gambar sejenis lainnya.

Proyek buku ini diprakarsai oleh Wok The Rock (Realino Records, Yes No Wave Music), selaku editor bekerjasama dengan Else Press, sebuah penerbit buku mandiri dari Bandung. Proses pengumpulan data dilakukan secara online dan offline dan bersifat terbuka melalui bank data yang dikoordinasi di masing-masing kota. Pengumpulan data bisa dikirimkan langsung ke posko bank data, pos, e-mail dan blog. Dikarenakan jumlah halaman yang terbatas (208 halaman), maka dari data yang terkumpul akan disaring. Untuk itu pada tiap bagian dibagi lagi secara periodik. Periode awal pada bagian pertama adalah kurun waktu 80-an/90-an hingga tahun 2000, kemudian 2001 hingga 2010. Spesifikasi desain dan cetak buku ini merujuk pada majalah Maximum Rocknroll yaitu warna hitam-putih dengan kertas koran (bulky) dan berukuran 21 x 29,7 cm.

Batas waktu pengumpulan data adalah 28 Maret 2011. 
Pengolahan data mulai tanggal 1 April hingga 15 Mei 2011.
Buku diterbitkan pada bulan Juni 2011.

Hasil penjualan buku ini nantinya digunakan untuk membuat sebuah lembaga pengarsipan yang rencananya saat ini dinamai PAPI (Pusat Arsip Punk Indonesia). Lembaga ini bersifat kolektif dan non-profit. Proyek ini nantinya tidak hanya mengarsipkan secara visual namun juga akan mengumpulkan data teks (esai, review, kritik, lirik lagu, slogan, dll).